Profil Desa

Pecangaan Wetan adalah salah satu desa di Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Indonesia. Jarak tempuh dari Desa Pecangaan Wetan ke Ibukota Kecamatan adalah 3.7 KM, sedangkan ke Ibukota Kabupaten 17 KM yang dapat ditempuh dengan kendaraan ± 30 menit. Sekitar Desa Pecangaan Wetan terdapat fasilitas umum yaitu Pasar Pecangaan dengan jarak tempuh 2.9 KM dan terminal Pecangaan dengan jarak 3 KM. Desa ini berbatasan dengan Desa Pecangaan Kulon di sebelah barat, disebelah utara berbatasan dengan Desa Pulodarat, di sebelah selatan dengan Desa Karangrandu, dan di sebelah timur dengan Desa Lebuawu, Krasak. Luas wilayah daratan Desa Pecangaan Wetan adalah 111 Ha dengan pembagian lahan untuk pekarangan adalah 60 Ha dan pertanian 51 Ha.

a.       Konstelasi Wilayah
–     Konstelasi Desa Pecangaan Wetan dengan Kecamatan Pecangaan
Desa Pecangaan Wetan berperan dalam pengembangan wilayah yang masuk dalam pengembangan wilayah yang masuk ke dalam Sub Wilayah Pengembangan dengan potensi yang dikembangkan yaitu industri tahu dan tempe.

b.      Topografi
Desa Pecangaan Wetan terletak pada koordinat 6o 42’13”S 110o42’15”E. Pada Desa ini juga terdapat embung dan kali, serta jalan yang sebagian besar sudah di cor.

c.       Jenis Tanah
Jenis tanah pada Desa Pecangaan Wetan adalah jenis latosol yang memiliki ciri khas butiran kasar berupa kerikil.

d.      Curah Hujan
Desa Pecangaan Wetan memiliki curah hujan yang signifikan. Bulan yang kering adalah bulan agustus, dan presipitasi paling besar terlihat pada bulan Januari.

e.       Rawan Bencana
Di Desa Pecangaan Wetan sendiri jarang terjadi bencana, jadi dapat disimpulkan jauh dari rawan bencana.

f.        Penggunaan Lahan
Luas wilayah daratan Desa Pecangaan Wetan adalah 111 Ha dengan pembagian lahan untuk pekarangan adalah 60 Ha dan pertanian 51 Ha.

Facebook Comments